cover
Contact Name
Peny Husna Handayani
Contact Email
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Phone
+6282216797714
Journal Mail Official
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Usia Dini
ISSN : 2301914X     EISSN : 25027239     DOI : https://doi.org/10.24114/jud.v7i1
Core Subject : Education,
Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. Evaluasi dan asesmen di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 5. Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini 6. Tren Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1: Juni 2017" : 6 Documents clear
Pengaruh Bermain Lari Estafet terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di RA TI Al-Musthafawiyah Medan T.A 2016/2017 Kikin Triwulandari; Nurmaniah Nurmaniah
Jurnal Usia Dini Vol 3, No 1: Juni 2017
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.951 KB) | DOI: 10.24114/jud.v3i1.14651

Abstract

Abstrak : Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah perkembangan motorik kasar anak yang belum berkembang secara optimal. Hal tersebut dikarenakan anak didik kurang percaya diri, cenderung takut, dan malas mengikuti aktivitas fisik di luar kelas serta kurangnya  kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan motorik kasar anak, seperti bermain lari estafet yang dapat mengembangkan motorik kasar anak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik kasar di RA T.I Al-MUSTHAFAWIYAH MEDAN.Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bermain lari estafet terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA T.I Al-MUSTHAFAWIYAH MEDAN. Penelitian ini menggunakan 2 kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu B2 dan B4. Penentuan sampel dilakukan secara acak atau rendom dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu bermain lari estafet sedangkan variabel terikatnya yaitu perkembangan motorik kasar.Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 7,4 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5, sehingga perkembangan motorik kasar dikelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 6,15 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 4 sehingga perkembangan motorik kasar pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran motorik dengan bermain lari estafet  berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak yaitu dari uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,5300>1,7074 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian bermain lari estafet berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA T.I AL-MUSTHAFAWIYAH Medan. Kata Kunci : motorik kasar anak usia dini, bermain lari estafet
Pengaruh Permainan Tradisional Gowokan terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Bayangkara Nur Asia Rambe; Sariana Marbun
Jurnal Usia Dini Vol 3, No 1: Juni 2017
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.437 KB) | DOI: 10.24114/jud.v3i1.14652

Abstract

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah  kurangnya perkembangan  sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional gowokan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Bayangkara T.A. 2016/2017. Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak  kelas B TK Pelangi Bayangkara. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random) dengan memberikan kertas pada ketiga  kelas yaitu B1, B2 dan B3,  lalu dimasukkan  kedalam gelas wadah dan dikocok, kemudian diambil secara acak yang terambil pertama  yakni kelas eksprimen, dan yang terambil kedua yakni kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen8,23 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 7, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7,29  dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 6. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel  yaitu 3,48 >1,699 pada taraf α = 0.05. Ho ditolak dan Ha diterima,  dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional gowokan dapat mempengaruhi perkembangan sosialemosional anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Bayangkara T.A. 2016/2017
Pengaruh Permainan Modifikasi Bola Kasti terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ar-Rahman T.A 2016-2017 Khairatun Nisa; Sariana Marbun
Jurnal Usia Dini Vol 3, No 1: Juni 2017
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.342 KB) | DOI: 10.24114/jud.v3i1.14653

Abstract

Abstrak: Metode penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di kelas B TK Ar-Rahman Kwala Bingai Stabat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 10 anak yaitu sebelum perlakuan (O1) yang dilakukan satu kali dalam seminggu dan belum  menggunakan unsur modifikasi permainan dan sesudah perlakuan (O2) yang dilakuakn dua kali dalam seminggu dan sudah menggunakan unsur modifikasi permainan.Penentuan sampel dilakukan secara Purposivedengan jumlah setiap sampel kelas sebanyak 10 anak. Variabel bebas adalah permainan modifikasi bola kasti sedangkan variabel terikat adalah perkembangan motorik kasar anak. Intrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas ssudah perlakuan (eksperimen) 18,00 dengan nilai tertinggi 7 dan nilai terendah 4, sehingga perkembangan motorik kasar anak memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas sebelum perlakuan11,67 dengan nilai tertinggi 6 dan nilai terendah 2, sehingga perkembangan motorik kasar anak  memperoleh perbedaan yang signifikan.Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan permainan modifikasi bola kasti berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel  yaitu 3,28 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan modifikasi bola kasti dapat mempengaruhi perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di di TK Ar-Rahman Kwala Bingai Stabat T.A. 2016/2017.Kata Kunci: permainan modifikasi bola kasti, kemampuan motorik, anak usia 5-6 tahun
Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santo Antonius 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 Hot Tua Santa Oki Siregar; Nasriah Nasriah
Jurnal Usia Dini Vol 3, No 1: Juni 2017
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.879 KB) | DOI: 10.24114/jud.v3i1.14649

Abstract

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Santo Antonius 1 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-posttest control grup design.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok TK B yang ada di TK Santo Antonius 1 Medan.Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, dengan mengocok 4 gulung kertas yang berisi tulisan B1, B2, B3, dan B4.Pengambilan pertama terambil kelas B4, pengambilan kedua kelas B2.Pengambilan pertama di jadikan kelas eksperimen (30 anak), pengambilan kedua kelas kontro (30 anak).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai terendah 25, nilai tertinggi 36 dan nilai rata – rata 31,73 dan kelas kontrol memiliki nilai terendah 12 dan nilai tertinggi 22, dan nilai rata – rata 15,83. Dari hasil perhitungan uji hipotesis di peroleh thitung 11,883  dengan(dk( n1 + n2) -2 = 58, α = 0,05. Harga ttabel demgan nilai n = 58di peroleh 1,695 sehingga di peroleh thitung > ttabel ( 11,883> 1,695). Dengan demikian hipotesis H0 ditolak Ha di terima. Hal ini menunjukkan “ ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Santo Antonius 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017Kata Kunci: media gambar, perkembangan bahasa, anak usia 5-6 tahun
Pengaruh Permainan Kartu Huruf terhadap Pengenalan Bentuk Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Salsa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017 Tuti Alawiyah Nasution
Jurnal Usia Dini Vol 3, No 1: Juni 2017
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.504 KB) | DOI: 10.24114/jud.v3i1.14654

Abstract

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di kelompok B dalam mengenal bentuk huruf abjad belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kartu huruf terhadap pengenalan bentuk huruf pada anak kelompok B di Tk Salsa Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki krakteristik yang sama yaitu kelas B I dan B II. Penentuan kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah satu setiap kelas sebanyak B I 27 anak dan B II 28 anak. variabel bebas adalah permainan kartu huruf, sedangkan variabel terkait pengenalan bentuk huruf pada anak usia 5-6 tahun. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji t. Observasi dilakukan dengan pedoman observasi yang telah disediakan dengan taraf nyata α=0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 84,71 dengan nilai tertinggi 121 dan nilai terendah 49, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 48,51 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 25, sehingga perkembangan kognitif anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf nyata α=0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,487 > 1,688. Dengan demikian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari permainan kartu huruf terhadap pengenalan bentuk huruf pada anak usia 5-6 tahun di Tk Salsa Kecamatan Percut Sei Tuan.Kata Kunci: Permainan kartu huruf, bentuk huruf, anak usia 5-6 tahun
Pengaruh Senam Irama terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di RA. Fastabiqul Khairat PTPN II Kabupaten Langkat TA. 2016-2017 Irfah Auliani; Nurmaniah Nurmaniah
Jurnal Usia Dini Vol 3, No 1: Juni 2017
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.333 KB) | DOI: 10.24114/jud.v3i1.14650

Abstract

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA.Fastabiqul Khairat PTPN II Kab.Langkat. penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun, di RA.Fastabiqul Khairat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalahonly-posttest control grup design.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, karena populasi memiliki karakteristik yang sama dilihat dari segi usia yaitu usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dengan instrumen panduan observasi. Analisis data dengan statistik deskriptif, uji-t dan menguji hipotesis. Dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α=0,05 Dari hasil observasi anak yang untuk perkembangan motorik kasar anak di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 3,36 dengan nilai tertinggi 16 dan nilai terendah 10 tergolong dalam kategori Berkembang Sangat Baik, dari hasil observasi anak yang mengembangkan motorik kasar melalui senam irama. di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 2,67 dengan nilai tertinggi 13 dan nilai terendah 8 tergolong dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan. Perkembangan motorik kasar anak pada kelas eksperimen terdapat anak pada kategori BSB  sebanyak 17 orang  (67 %) dan anak pada kategori  BSH  sebanyak 8 orang (33 %). Di kelas kontrol terdapat anak pada kategori  BSH sebanyak 11 orang  (60 %), BSB sebanyak 10 anak dan anak pada kategori MB  sebanyak3 orang (40 %). Hasil pengujian menyimpulkan bahwa thitung = 6,216 sedangkan ttabel= 1,689 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan: Ada Pengaruh Yang Signifikan dari Senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak Usia 5-6 Tahun Di RA. Fastabiqul Khairat PTPN II Kab.Langkat T.A 2016/2017.Kata Kunci: permainan bingo kata, kemampuan membaca, anak usia 5-6 tahun

Page 1 of 1 | Total Record : 6